Kamis, 16 Desember 2010

Sejarah Dan Perkembangan Compact Kaset



Kaset Compact, sering disebut sebagai kaset audio, kaset, kaset, atau hanya tape, adalah pita suara format rekaman magnetik. Meskipun awalnya dirancang untuk dikte, perbaikan dalam kesetiaan memimpin menggantikan Kaset Compact Stereo 8 kartrid lagu dan rekaman reel-to-reel dalam aplikasi non-profesional yang paling. menggunakan Its berkisar dari audio portabel ke rumah merekam untuk penyimpanan data untuk mikrokomputer awal. Antara awal 1970-an dan 1990-an, kaset ini adalah salah satu dari dua format yang paling umum untuk musik direkam sebelumnya, pertama di samping LP dan kemudian Compact Disc Kaset. Adalah kata Perancis yang berarti "kotak kecil."

Kaset Compact terdiri dari dua gulungan miniatur, antara pita plastik yang dilapisi magnetik adalah berlalu dan luka. Gulungan ini dan bagian pembantu mereka diadakan di dalam tempurung plastik pelindung. Dua pasang stereo track (empat total) atau dua track audio monaural tersedia dalam rekaman; satu stereo pasangan atau satu lagu monofonik dimainkan atau dicatat pada saat rekaman bergerak dalam satu arah dan pasangan kedua ketika bergerak ke arah lain. pembalikan Hal ini dicapai baik secara manual membalik kaset atau dengan memiliki mesin itu sendiri mengubah arah gerakan tape ("auto-reverse")

Sejarah

Kaset dari berbagai kualitas rekaman dan waktu bermain.
Salah satu yang pertama (portabel) Kaset Perekam dari Philips
Typ EL 3302 (1968)

Pada tahun 1935, tahun sebelum pengenalan Kaset Compact, AEG, merilis tape recorder reel-to-reel pertama (dalam bahasa Jerman: Tonbandgerät), dengan nama komersial "Magnetophon", berdasarkan penemuan pita magnetik (1928) oleh Fritz Pfleumer, yang menggunakan teknologi yang sama, tetapi dengan gulungan terbuka, yang rekaman itu diproduksi oleh BASF. Instrumen ini masih sangat mahal dan relatif sulit untuk digunakan, karena sebagian besar digunakan oleh profesional di Stasiun Radio dan Sound Studios. Untuk penggunaan pribadi gulungan (untuk reel) tape recorder tidak sangat umum dan hanya perlahan-lahan melepaskan dari sekitar tahun 1950-an. Dengan harga antara 700 dan 1500 DM (yang sekarang akan sekitar 3.100-6.700 EUR) masih terlalu mahal untuk pasar massa dan sementara masih menggunakan tabung vakum dibangun sangat besar. Pada 1960-an namun harganya menurun, sehingga Reel-to-Reel Tape Perekam bisa ditemukan dalam rumah tangga dilengkapi lebih baik dari saat itu.

Pada tahun 1958, setelah empat tahun pembangunan, RCA Victor memperkenalkan stereo, seperempat inci, reversibel, reel-to-reel tape cartridge RCA Ini adalah kaset, besar (5 "x 7")., tapi menawarkan pra-rekaman kaset beberapa; meskipun beberapa versi, gagal.

Pada tahun 1962 Philips menciptakan compact audio cassette medium untuk penyimpanan audio, memperkenalkan di Eropa pada bulan Agustus, 1963 (di Berlin Radio Show), dan di Amerika Serikat ( dengan merek Norelco) pada bulan November 1964, dengan nama merek dagang Kaset Compact.

Meskipun ada sistem lain cartridge magnetik tape, yang Kaset Compact menjadi dominan sebagai akibat dari keputusan Philips 'dalam menghadapi tekanan dari Sony untuk lisensi format gratis. Philips juga merilis Norelco Carry-Corder 150 perekam / player di Amerika Serikat pada bulan November 1964. Di tahun 1966 lebih dari 250.000 perekam telah dijual di Amerika Serikat saja dan Jepang segera menjadi sumber utama perekam. Pada tahun 1968, 85 produsen telah menjual lebih dari 2.400.000 pemain.

Pada tahun-tahun awal, kualitas suara yang biasa-biasa saja, tetapi ditingkatkan secara dramatis dengan awal 1970-an ketika tertangkap dengan kualitas 8-track tape dan terus meningkatkan Kaset. Kemudian menjadi populer (dan re-recordable) alternatif ke vinyl LP 12 inci pada akhir 1970-an.

Pengenalan kaset musik

Produksi massal dari kaset audio compact dimulai pada 1964 di Hannover, Jerman. kaset rekaman musik (juga dikenal sebagai Musicassettes; MC untuk pendek) diluncurkan di Eropa pada akhir tahun 1965. The Mercury Record Company, sebuah afiliasi AS Philips, diperkenalkan MC ke AS pada bulan Juli 1966. Penawaran awal terdiri dari 49 judul Namun, sistem itu telah awalnya dirancang untuk dikte dan menggunakan portabel, dengan kualitas audio dari pemain awal tidak cocok untuk musik. Beberapa model awal juga memiliki desain mekanik tidak bisa diandalkan. Pada 1971, Advent Corporation memperkenalkan mereka Model 201 tape deck yang memadukan suara Dolby tipe B pengurangan dan kromium dioksida (CrO2) tape, dengan mekanisme transportasi rekaman komersial-grade yang diberikan oleh divisi kamera Wollensak dari 3M Corporation. Hal ini mengakibatkan format yang diambil lebih serius untuk penggunaan musik, dan mulai era kaset dan kesetiaan yang tinggi pemain.

Selama tahun 1980-an, popularitas kaset berkembang lebih lanjut sebagai akibat dari perekam saku portabel dan pemain hi-fi seperti Sony Walkman, yang digunakan tubuh tidak lebih besar dari kaset itu sendiri, dengan tombol mekanik di satu sisi, atau tombol elektronik atau ditampilkan pada wajah. Sony bahkan membuat WM-10 yang lebih kecil dari kaset itu sendiri dan diperluas untuk menyimpan dan memutar kaset.
1979 Sony Walkman

Seperti radio transistor pada 1950-an dan 1960-an, pemutar CD portable pada 1990-an, dan pemutar MP3 di tahun 2000-an, Walkman didefinisikan pasar musik portabel di tahun 1980-an, dengan penjualan kaset yang menyalip dari piringan hitam. penjualan vinyl Total catatan tetap lebih tinggi baik ke tahun 1980-an akibat penjualan yang lebih besar single, meskipun mencapai popularitas kaset single untuk periode 1990-an.

Selain dari kaset membawa kemajuan murni teknis, mereka juga menjabat sebagai katalis untuk perubahan sosial. daya tahan mereka dan kemudahan menyalin membantu membawa batu di bawah tanah dan musik punk di balik Tirai Besi, membuat pijakan untuk budaya Barat di kalangan generasi muda. Untuk alasan yang sama, kaset menjadi populer di negara berkembang.

Salah satu kegunaan politik yang paling terkenal adalah kaset penyebaran khotbah oleh Ayatollah Khomeini di Iran sebelum Revolusi Iran tahun 1979, di mana Khomeini mendesak penggulingan rezim Syah, Mohammad Reza Pahlevi.

Pada tahun 1970-an India, mereka dipersalahkan karena membawa pengaruh sekuler yang tidak diinginkan ke dalam wilayah tradisional agama. Kaset teknologi merupakan booming pasar untuk musik pop di India, menggambar kritik dari konservatif kaset sementara pada saat yang sama menciptakan pasar yang besar bagi perusahaan rekaman yang sah dan bajakan. Di beberapa negara, terutama di negara-negara berkembang, kaset masih tetap dominan menengah untuk pembelian dan mendengarkan musik.

Penurunan

Di banyak negara Barat, pasar kaset telah menurun tajam sejak puncaknya pada akhir 1980-an. Ini telah sangat nyata dengan pra-rekaman kaset, yang penjualan tersebut disusul oleh orang-orang dari Compact Disc selama awal 1990-an. Pada 1993, pengapalan tahunan CD player telah mencapai 5 juta, naik 21% dari tahun sebelumnya, sementara pemutar kaset pengiriman telah turun 7% menjadi sekitar 3,4 juta. Penurunan lanjutan seperti yang dicatat pada tahun 2001 kaset hanya 4% musik semua dijual. Sejak itu, pasar pra-rekaman telah mengalami penurunan lebih lanjut, dengan beberapa pengecer stok mereka karena mereka tidak lagi dikeluarkan oleh label musik besar. Penjualan kaset pra-rekaman musik di AS turun dari 442.000.000 pada tahun 1990 menjadi 274.000 tahun 2007 Pada tahun 2009, sebuah rekor rendah 34.000 kaset, dan 2.000 orang album setidaknya berusia 36 bulan, dibeli di pengecer independen di wilayah Atlantik selatan, di pinggiran kota. Kebanyakan semua utama perusahaan musik AS telah dihentikan mereka dengan akhir tahun 2002 atau 2003. Namun, pada 2010 update, kaset kosong masih diproduksi dan dijual di toko-toko eceran banyak, dan fasilitas untuk duplikasi kaset tetap tersedia. Perekam Kaset dan pemain secara berangsur-angsur menjadi langka, tapi masih banyak tersedia dan ditampilkan dalam persentase penting sistem Hi-Fi.

Kaset tetap populer untuk aplikasi spesifik, seperti audio mobil, baik ke tahun 1990-an. Kaset dan pemain mereka biasanya lebih kasar dan tahan terhadap debu, panas dan guncangan daripada pesaing utama digital (CD). kesetiaan mereka yang lebih rendah tidak dianggap sebagai kelemahan yang serius di dalam interior mobil biasanya bising waktu. Namun, kedatangan "bukti shock" buffering teknologi di CD player, pengurangan tingkat kebisingan di-mobil, mempertinggi umum harapan konsumen, dan pengenalan penukar CD auto-berarti bahwa pada awal 2000-an, pemutar CD adalah cepat menggantikan pemutar kaset sebagai komponen standar audio dalam mayoritas kendaraan baru di Eropa dan Amerika.

Sementara perekam suara digital sekarang umum, Compact Cassette (atau sering microcassette) recorder mungkin lebih murah dan kualitas yang cukup untuk melayani sebagai adjuncts atau pengganti untuk mencatat dalam bisnis dan lingkungan pendidikan. Audiobooks, pelayanan gereja, dan materi kata lain yang diucapkan masih sering dijual di kaset, kesetiaan sebagai lebih rendah umumnya tidak kekurangan untuk konten semacam itu. Sementara kebanyakan penerbit menjual CD audiobook, mereka biasanya juga menawarkan versi kaset dengan harga yang sama. Pada aplikasi audiobooks, di mana rekaman dapat span beberapa jam, kaset juga memiliki keuntungan dari memegang hingga 120 menit sedangkan bahan CD rata-rata memiliki lebih sedikit dari 80.

Sementara kaset dan peralatan terkait telah menjadi semakin marginal dalam penjualan musik komersial, rekaman pada tape analog tetap menjadi pilihan yang diinginkan untuk beberapa, namun bahwa metode yang baru-baru ini disusul oleh perekam digital portabel. Musisi di komunitas indie rock telah menunjukkan minat dalam melepaskan kaset sedikit. Seniman seperti Kotor Proyektor dan Deerhunter telah membuat judul terbaru yang tersedia dalam kaset, dan Thurston Moore of Sonic Youth telah menyatakan "Saya hanya mendengarkan kaset."

Diamond Studio Zimbabwe mengumumkan bahwa mereka akan membangun pabrik untuk memproduksi massal kaset untuk digunakan sebagai alat untuk melawan pembajakan.

Di antara yang terakhir di negara-negara maju untuk meninggalkan kaset format kompak adalah seniman dan kelompok yang termasuk dalam genre "dansband", yang masih banyak di awal tahun 2000 telah merilis album mereka baik untuk CD dan kaset kompak. Karena banyak fans mereka sekarang lebih tua, mereka sering termasuk generasi yang kurang tertarik membeli CD player. Namun, juga dalam genre ini lebih sedikit seniman dan kelompok rilis rekaman pada kaset kompak. Sampai akhir 2006, Lasse Stefanz dan Torgny Melins merilis album terbaru mereka baik Compact Kaset dan CD.

Di India, film dan musik devosional terus akan dirilis dalam format kaset audio CD selain karena harga yang rendah.

Dalam beberapa tahun terakhir, kaset audio telah mengalami kebangkitan dengan munculnya "independen" rock indie label lebih memilih untuk menerbitkan kaset rilis karena biaya yang rendah dan kesulitan dalam berbagi rekaman musik berbagi konten di Internet.

Fitur

kaset itu merupakan langkah besar ke depan dalam kenyamanan dari rekaman reel-to-reel audio, meskipun karena keterbatasan ukuran kaset dan kecepatan, awalnya buruk dibandingkan kualitas. Tidak seperti format reel stereo 4-lagu terbuka, dua trek stereo masing-masing pihak berbaring berdekatan satu sama lain daripada yang disisipkan dengan trek dari sisi lain. Pemain ini diizinkan untuk memutar kaset rekaman monaural stereo "diringkas" sebagai lagu mono dan stereo pemain diizinkan untuk memutar rekaman mono melalui kedua speaker. Rekaman itu adalah 3,81 mm (0,150 in) lebar, dengan masing-masing lagu stereo 0,6 mm luas dan sebuah band penjaga tidak tercatat antara melacak setiap. Rekaman bergerak di 4,76 cm / s (1 7 / 8 / s) dari kiri ke kanan Sebagai perbandingan., format gulungan khas terbuka di gunakan konsumen adalah ¼ inci (6,35 mm) lebar, masing-masing lagu stereo nominal 1 / 16 inch (1,59 mm) lebar, dan berjalan pada baik 9,5 atau 19 cm / s (3,75 atau 7,5 di / s).

Jenis

Takik pada permukaan atas kaset audio menunjukkan jenisnya. Kaset paling belakang di bagian atas foto ini, hanya dengan takik proteksi tulis (di sini dilindungi oleh proteksi tulis tab), adalah I. Type kaset berikutnya ke bawah, dengan takik tambahan berdekatan dengan takik proteksi tulis, adalah Tipe II. Kedua bawah kaset, menampilkan Tipe takik II plus pasangan tambahan di tengah kaset adalah tipe IV (logam); catatan penghapusan tab pada kedua ini, berarti rekaman itu adalah menulis-dilindungi.

Kaset kaset terbuat dari jenis film plastik polyester dengan lapisan magnetik. Bahan magnetik yang asli didasarkan pada oksida besi gamma (Fe2O3). Sekitar tahun 1970, Perusahaan 3M mengembangkan proses volume-doping kobalt dikombinasikan dengan teknik pelapisan ganda untuk meningkatkan level output pita keseluruhan. Produk ini telah dipasarkan sebagai "High Energy" di bawah brand Scotch atas kaset rekaman. Murah kaset biasanya berlabel "low-noise," tapi biasanya tidak dioptimalkan untuk respon frekuensi tinggi.

Pada saat yang sama, kromium dioksida (CrO2) diperkenalkan oleh DuPont, penemu partikel, dan BASF, penemu rekaman magnetik, dan kemudian pelapisan menggunakan magnetit (Fe3O4) seperti TDK's Audua diproduksi dalam berusaha untuk mendekati kualitas suara kaset. Cobalt-oksida besi diserap (Avilyn) diperkenalkan oleh TDK pada tahun 1974 dan terbukti sangat sukses. Akhirnya partikel logam murni (sebagai lawan dari formulasi oksida) diperkenalkan pada tahun 1979 oleh 3M dengan nama dagang Metafine. Lapisan rekaman pada kaset yang paling banyak terjual hari ini sebagai "Normal" atau "Chrome" terdiri dari Ferri Oksida dan Cobalt dicampur dalam berbagai rasio (dan menggunakan berbagai proses), ada kaset sedikit di pasar yang menggunakan murni (CrO2) lapisan .

Wikipedia perekam suara yang dirancang untuk bekerja dengan formulasi standar besi. tape deck kesetiaan tinggi biasanya dibangun dengan saklar atau detektor untuk bias berbeda dan pemerataan persyaratan untuk rekaman kinerja tinggi. Itu, yang paling umum kaset oksida besi (didefinisikan oleh standar IEC sebagai "Tipe I"), gunakan 120 μs pemerataan pemutaran, sedangkan krom dan kobalt-diserap kaset (IEC Type II) meminta pemerataan pemutaran 70 μs. Rekaman "bias" equalizations juga berbeda (dan punya banyak waktu lagi konstan). BASF dan Sony mencoba tape dual layer dengan kedua oksida besi dan krom dioksida yang dikenal sebagai 'ferrichrome' (FeCr) (IEC Type III), tapi ini hanya tersedia untuk waktu singkat di tahun 1970-an. Logam Kaset (IEC Tipe IV) juga menggunakan 70 μs pemerataan pemutaran, dan menyediakan perbaikan lebih lanjut masih dalam kualitas suara kualitas ini biasanya tercermin dalam harga; kaset Tipe I umumnya termurah, dan Tipe IV biasanya yang paling mahal.. pita krom BASF digunakan dalam komersial pra-rekaman kaset yang digunakan 120 μs (tipe I) pemerataan pemutaran untuk memungkinkan rentang frekuensi tinggi lebih dinamis untuk kualitas suara yang lebih baik, tetapi nilai jual yang lebih besar untuk musik label adalah bahwa shell saya kaset yang sama bisa Jenis digunakan untuk besi dan kaset musik krom.

Takikan di atas menunjukkan cangkang kaset jenis tape dalam. Jenis kaset Aku hanya memiliki write-melindungi takik, Type II memiliki pasangan tambahan di samping menulis yang perlindungan, dan Tipe IV (logam) memiliki set ketiga di tengah kulit kaset. Deck kaset ini memungkinkan untuk secara otomatis mendeteksi jenis pita dan pilih bias yang tepat dan pemerataan. Hampir semua sistem hi-fi terbaru (dengan deck kaset) kurangnya fitur ini, hanya ceruk kecil deck kaset (memisahkan hi-fi) memiliki tipe pemilih tape. Playback II Jenis dan kaset IV pada pemain tersebut akan menghasilkan treble berlebihan, tapi mungkin tidak terlihat karena biasanya perangkat tersebut memiliki penguat yang tidak diperpanjang output frekuensi tinggi. Perekaman pada unit ini, Namun, hasil dalam reproduksi suara sangat rendah dan kadang-kadang distorsi dan mendesis terdengar. Selain itu, unit ini lebih murah tidak dapat menghapus bias tinggi atau kaset logam bias. Mencoba melakukannya akan menghasilkan "cetak-melalui".

Tape panjang biasanya diukur dalam menit waktu bermain total. Varietas yang paling populer adalah C46 (23 menit per sisi), C60 (30 menit per sisi), C90, dan C120. The C60 C46 dan panjang biasanya 15-16 μm tebal, tetapi C90s adalah 10-11 μm dan C120s hanya 9 μm tebal, membuat mereka lebih rentan terhadap peregangan atau kerusakan. Beberapa vendor lebih murah daripada yang lain, memberikan 132 meter (433 kaki) atau 135 meter (442 kaki) daripada 129 meter (423 kaki) rekaman untuk kaset C90. C180 C240 dan bahkan kaset yang tersedia pada satu waktu, tetapi ini sangat tipis dan rapuh dan menderita parah dari efek seperti cetak-melalui, yang membuat mereka tidak cocok untuk penggunaan umum.

Meskipun C180 TDK-D diproduksi selama dua dekade, sangat jarang, karena beberapa kelemahan teknis. Rekaman itu harus sangat tipis itu hampir transparan dan karena itu lebih sedikit partikel magnetik, sehingga suara rendahnya kualitas dan daya tahan lebih buruk lagi. Itu diperlukan sebuah motor yang kuat didorong, dan wow tinggi dan flutter. Akhirnya, butuh waktu yang relatif lama untuk mundur.

Panjang lainnya adalah (atau tidak) juga tersedia dari beberapa vendor, termasuk C10 dan C15 (berguna untuk menyimpan data dari komputer rumah awal dan di mesin penjawab telepon), C30, C50, C54, C64, C70, C74, C80, C84, C100 , C105, dan C110.

Beberapa perusahaan termasuk kaset kosong gratis dengan kaset recorder portabel mereka di awal 1980-an. Panasonic adalah C14 dan datang dengan lagu yang direkam di satu sisi, dan sisi kosong dua. Kecuali untuk C74 dan C100, panjang non-standar seperti selalu sulit ditemukan, dan cenderung lebih mahal daripada panjang lebih populer. penggemar merekam Home mungkin menemukan panjang tertentu yang berguna untuk album pas yang rapi pada satu atau kedua sisi tape. Misalnya, pemutaran waktu maksimum awal Compact Disc adalah 74 menit, menjelaskan popularitas relatif dari kaset C74.
Di dalam kaset yang menunjukkan pemimpin pada awal sisi A. Rekaman itu "memainkan" dari kiri ke kanan (meskipun tentu saja dek auto-balik bisa bermain di arah baik). Rekaman itu ditekan ke dalam kontak dekat dengan kepala oleh tekanan pad; giling Pedoman membantu menjaga rekaman itu dalam posisi yang benar. Smooth berjalan dibantu oleh sebuah kapal licin (lembar slip) antara gulungan dan shell; sini kapal tersebut transparan. Pelindung magnetik pickup mengurangi sinyal nyasar oleh kepala pemain. Tab di pojok kiri shell izin rekaman di sisi saat ini.

Semua Kaset Compact termasuk menulis mekanisme perlindungan untuk mencegah kembali penghapusan pencatatan dan kebetulan bahan penting. Setiap sisi kaset memiliki tab plastik di atas yang dapat dipatahkan, meninggalkan lekukan kecil di shell. indentasi ini memungkinkan masuknya sebuah tuas penginderaan yang mencegah pengoperasian fungsi perekaman ketika kaset dimasukkan ke dalam dek kaset. Jika kaset tersebut dilakukan dengan salah satu label menghadap ke pengguna dan pembukaan rekaman di bawah, menulis tab untuk melindungi pihak terkait adalah di bagian kiri. Kadang-kadang, produsen menyediakan panel bergerak yang dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan menulis-melindungi kaset.

Jika kemudian diperlukan, sepotong pita perekat dapat ditempatkan di atas indentasi untuk memotong perlindungan, atau (pada beberapa deck), tuas dapat tertekan secara manual untuk merekam pada tape dilindungi. Perawatan ekstra diperlukan untuk menghindari meliputi indentasi tambahan pada pita kaset bias tinggi berdekatan dengan menulis melindungi tab.

Dalam kaset rekaman yang paling kompak magnet yang melekat pada setiap spool dengan seorang pemimpin, biasanya terbuat dari plastik yang kuat (lihat gambar kanan). Pemimpin ini dilindungi pita magnetik lemah dari kejutan terjadi ketika rekaman itu sampai akhir. Pemimpin dapat kompleks: sebuah slide plastik-di jangkar baji pendek tape plastik buram penuh ke hub mengambil-up, satu atau lebih segmen plastik berwarna-buram mengikuti sebagian; pemimpin yang jelas (a sebagian plastik buram tak berwarna segmen) berikut yang membungkus hampir semua jalan di sekitar kumparan pasokan splicing sebelum ke pita magnetik itu sendiri. Pemimpin yang jelas menyebarkan beban goncangan terhadap suatu bentangan panjang rekaman bukan ke mikroskopis sambatan. Berbagai paten telah dikeluarkan detail konstruksi pemimpin dan terkait mekanisme kaset player untuk mendeteksi pemimpin Kaset pengguna tape. juga akan menggunakan pemimpin suku cadang untuk memperbaiki kaset rusak.

Kerugian dengan para pemimpin tape adalah bahwa rekaman suara atau pemutaran tidak mulai pada awal rekaman itu, memaksa pengguna untuk isyarat maju ke awal dari bagian magnetik. Untuk aplikasi tertentu seperti kaset dikte khusus yang berisi rekaman tanpa pemimpin dibuat, biasanya dengan bahan yang lebih kuat dan untuk digunakan pada mesin yang lebih canggih akhir prediksi tape.

Compact kaset juga dilakukan bahwa memainkan pita loop terus menerus tanpa henti. Panjang yang tersedia adalah dari sekitar 30 detik untuk panjang penuh standar. Mereka digunakan dalam situasi di mana sebuah pesan singkat atau jingle musik yang akan diputar, baik terus menerus atau setiap kali perangkat dipicu, atau setiap kali rekaman atau bermain terus menerus diperlukan. Beberapa termasuk penginderaan foil tape untuk memungkinkan pemain tape untuk kembali isyarat. Dari sejak 1969 berbagai paten telah diterbitkan, mencakup menggunakan seperti kompatibilitas uni-directional, bi-directional, dan dengan auto-tertutup-off dan mekanisme anti-tape-makan.
 http://en.wikipedia.org/wiki/Compact_Cassette

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar